Kapan perlu menyikat gigi bayi?

Segera setelah bayi tumbuh gigi pertama. Gunakan kain bersih atau sikat gigi jari bayi untuk membersihkan gigi dan lidah bayi setelah makan dan sebelum tidur. Dokter gigi anak juga menyarankan untuk membersihkan gusi bayi yang belum tumbuh gigi setiap habis makan.


Mengajari kebiasaan menggosok gigi 

  1. Untuk bayi yang lebih besar / batita ajari mereka untuk memegang sikat gigi mereka sendiri
  2. Pilih sikat gigi anak / bayi yang sesuai
  3. Demonstrasikan cara menyikat gigi di depan anak

Bagaimana jika anak tidak mau menyikat giginya?

  • Bersabar, gusi bayi masih sensitif, jika bayi tidak mau menyikat giginya, coba dengan menggunakan kain yang lembut
  • Nyanyikan lagu, buat momen menyikat gigi menyenangkan. Nyanyikan lagu kesukaan si kecil
  • Biarkan mereka bermain, si kecil mungkin penasaran dengan sikat giginya, biarkan dia memegang sikat gigi dan bermain dengannya. Lama kelamaan dia akan mencoba menggosok gigi dengan sikat giginya.

Produk yang direkomendasikan untuk menyikat gigi si kecil:

Sikat gigi jari

Ideal untuk bayi yang belum tumbuh gigi ataupun yang baru tumbuh gigi. Sikat gigi jari sangat praktis digunakan karena cukup dimasukkan ke jari orang dewasa, kemudian gunakan air hangat untuk menyikat lembut gusi si kecil. Bisa juga digunakan untuk membersihkan lidah bayi yang putih karena ASI / Sufor.

Baby Banana Brush

Baby Banana Brush cocok digunakan untuk anak 6 bulan ke atas yang sudah mulai tumbuh giginya. Umumnya baby banana brush terbuat dari material silicone sehingga bisa juga digunakan sebagai teether (mainan gigit bayi).


Artikel dilansir dari www.whattoexpect.com


Membuat Sesi Potty Training Anak Lebih Menyenangkan
Potty Training adalah salah satu milestone yang paling dinanti oleh sebagian orang tua, ya gak sih? Tentunya ketika anak sudah mandiri untuk pipis / p...
Penghasilan Tambahan di Tengah Pandemi Corona
Sudah 3 bulan lebih, kita akrab dengan pemberitaan mengenai virus corona alias covid 19. Berbulan bulan tempat umum seperti sekolah, mall ditutup. Ham...
Call me Liz :)
Halo! terima kasih sudah singgah di blog ini. I'm a proud stay and working at home mom. Menjadi mama sekaligus tetap bekerja dari rumah adalah anugerah terindah buatku (terlepas dari plus minusnya hehe). Aku sempat berkarir selama 5 tahun sebagai web & graphic designer sebelumnya dan setelah menikah, aku mantap memilih mengembangkan usaha onlineku ini. Perjalanan membuka usaha online sejak tahun 2014 sampai sekarang tidak selalu mulus but I enjoy every minute of it! Aku harap tulisan tulisanku ini bisa bermanfaat dan menjadi inspirasi buat mommies lainnya di luar sana.
read more ⟶
Leave a comment