Sudah 3 bulan lebih, kita akrab dengan pemberitaan mengenai virus corona alias covid 19. Berbulan bulan tempat umum seperti sekolah, mall ditutup. Hampir semua kegiatan dilakukan secara online, bahkan istilah WFH pun tidak asing lagi di telinga. 

Bagiku WFH, sudah kujalani sejak 3 tahun lalu, hehe. Mungkin banyak orang berpikiran bahwa bekerja itu harus pergi ngantor dan jika kita hanya di rumah saja bisa jadi kita ini dicap pengangguran oleh tetangga, namun kurasa stigma itu sudah berubah sekarang, karena ada beberapa kerjaan yang memang bisa dikerjakan dari rumah. Dulu, sewaktu aku masih berkarir sebagai graphic designer, aku juga pernah mengajukan WFH pada bosku. Berbekal artikel mengenai pegawai di Jepang yang banyak merealisasikan WFH pada sebagian karyawannya, aku menjabarkan pada pak bos bagaimana WFH bisa membuatku tambah produktif tanpa perlu menghabiskan waktu commuting 2-3 jam sehari. Pak Bos bisa dibilang cukup open minded, dia adalah orang Singapura, tanpa bertanya banyak, Beliau menyutujui saranku untuk WFH.

Setelah resignpun aku masih mendedikasikan diriku untuk tetap produktif menjalankan usaha onlineku yang tadinya hanya sampingan. Setelah hampir 6 tahun bergelut jualan online, banyak pelajaran yang aku petik. 

Semenjak pandemi, aku malah heran dengan usaha onlineku yang makin naik grafik penjualannya, aku sempat berpikir pandemi ini akan berdampak juga bagi usaha kecil kecilanku ini. Puji Tuhan, di tengah situasi yang tidak tentu ini, justru aku memetik buah yang manis. Analisaku mungkin saja karena pandemi, orang lebih memilih membeli barang secara online ketimbang keluar membelinya langsung.

Jika kalian ingin mencoba berjualan online mungkin ini waktu yang tepat menurutku. Aku tahu rasanya memulai sesuatu kadang sulit. Awal mulai berjualan, hal yang sangat aku takutkan: BARANG TIDAK LAKU dan kemudian aku jadi bahan gunjingan orang. Betul 3 bulan pertama, tak satupun pembeli mampir, akhirnya terjadi penjualan pertama, namun setelah itu dalam sebulan penjualan hanya bisa dihitung pakai jari. Aku sempat patah semangat :(

Perjalanan usaha online ini sangat panjang, menurutku intinya kita mulai saja dan jangan pernah takut, kalaupun kita salah, kita bisa tetap belajar dan belajar. Kita hidup di era digital, di mana jika kita mau belajar, tinggal dicari di google atau di youtube, I think it's a privilege!

Bagi kalian yang mau mencoba berjualan online namun masih terkendala di modal, aku mau menawarkan program Dropshipper. Program Dropshipper cocok untuk kalian yang stay at home mom, anak kuliahan atau pekerja kantoran yang mau penghasilan tambahan (apalagi tengah situasi pandemi corona seperti ini, penting punya extra saving). Sistem Dropshipper yang kau tawarkan tidak mengikat, tanpa syarat dan ga perlu bayar-bayar apapun.

Kalau kalian mau tahu lebih lanjut mengenai sistem dropshipper ini, langsung wa aku aja ya di 0813 1999 9295 untuk dapat buku panduan Dropshipper secara gratis.

Tips Mengajari Menyikat Gigi Bayi Pertama Kali
Simak tips mengajari bayi / balita untuk menyikat gigi mereka sendiri di sini. Mengajari bayi / balita untuk menyikat giginya sedari dini membantu me...
Call me Liz :)
Halo! terima kasih sudah singgah di blog ini. I'm a proud stay and working at home mom. Menjadi mama sekaligus tetap bekerja dari rumah adalah anugerah terindah buatku (terlepas dari plus minusnya hehe). Aku sempat berkarir selama 5 tahun sebagai web & graphic designer sebelumnya dan setelah menikah, aku mantap memilih mengembangkan usaha onlineku ini. Perjalanan membuka usaha online sejak tahun 2014 sampai sekarang tidak selalu mulus but I enjoy every minute of it! Aku harap tulisan tulisanku ini bisa bermanfaat dan menjadi inspirasi buat mommies lainnya di luar sana.
read more ⟶
Leave a comment