Dropshipper / Reseller

Halo Ayah, Bunda, dan Kakak

Terima kasih sudah tertarik untuk bergabung menjadi Dropshipper kami. Menjadi dropshipper memudahkan Bunda dan kakak sekalian untuk berjualan online tanpa modal, tanpa stok dan zero risk (tidak beresiko sama sekali). Yang masih belum paham system Dropship, yuk simak bagan singkat di bawah ini:



 

 Jadi intinya Dropshipper adalah “sales” dari supplier namun Dropshipper bisa memiliki sendiri  toko online dan bisa mengatur harga jual barang sendiri.

Pertanyaan Seputar Dropshipper

·         Apakah perlu mendaftar / membayar untuk jadi Dropshipper?

Tidak perlu kok Kak, jika mau jadi Dropshipper silahkan saja tanpa perlu mendaftar (di halaman berikutnya akan dipaparkan langkah-langkah untuk memulai dropship)

·         Apakah ada harga reseller?

Dengan kemudahan seperti  tanpa stok barang sendiri, tanpa biaya pendaftaran, tanpa persyaratan apapun yang mengikat, harga yang kami tawarkan tetap mengacu pada harga normal / retail price kami (yang terbilang sudah cukup kompetitif di pasaran).

Kami bisa memberikan diskon dengan catatan pengambilan barang dalam jumlah banyak (3 pcs atau lebih, bisa campur) pada satu transaksi (diskon / potongan harga bervariasi tergantung jenis barang)

·         Bagaimana memulai menjadi Dropshipper?

Yuk simak pembahasan di halaman selanjutnya

 

Langkah – langkah menjadi Dropshipper:

1.       Membuat Akun Jualan

Pastikan kakak membuat akun jualan terlebih dahulu baik itu di platform social media (Instagram, FB, dll) ataupun marketplace (Tokopedia, Shopee, Bukalapak, dsb).

Tips: Kakak bisa mencoba satu atau dua platform terlebih dahulu sehingga bisa fokus jualannya.

2.       Mengambil Foto Produk

Silahkan mengambil foto produk kami dari marketplace Tokopedia / Website di www.tokopedia.com/brownbabybear atau www.brownbabybear.com

Perlu diketahui bahwa produk di Instagram kami tidak up to date artinya kami tidak menghapus foto2 barang yang sudah terjual di sana. Sehingga untuk mengecek produk ready serta mengecek ukuran / varian produk silahkan cek di Tokopedia ataupun website kami.

 

3.       Copy paste Deskripsi produk

Untuk mempermudah kakak bisa langung copas deskripsi produk yang meliputi ketersediaan varian produk seperti ukuran ataupun warna.

Tips: untuk judul produk di marketplace agar tidak copy paste dari kami, silahkan buat judul produk yang unik dan sedikit berbeda dari kami.

 

4.       Tentukan harga jual

Kakak bebas menentukan harga jual , misalnya harga dari kami Rp. 50.000, kakak bisa mulai dari margin paling kecil Rp. 5000 atau berapapun margin keuntungan yang kakak inginkan.

Tips: Jangan dilihat dari nominal per barang, namun fokus pada kuantitas barang yang terjual, misalnya dengan mengambil keuntungan Rp. 10.000 pun jika dalam sehari terjual 10 barang maka sudah dapat net profit Rp. 100.000. Namun tak ada salahnya untuk barang barang tertentu yang sepertinya unik atau jarang di pasaran, kakak bisa mengambil keuntungan yang lebih.

 

 

5.       Memasarkan di Sosial Media / Marketplace

Mulai posting di social media dan marketplace secara rutin. Semakin banyak produk yang kakak posting semakin besar potensi penjualan.

Tips: Sisihkan waktu dalam sehari minimal posting satu produk satu hari sehngga dalam 1 bulan, kakak sudah punya 30 produk.

 

6.       Konfirmasi ketersediaan stok

Ketika ada pembeli yang mulai bertanya pastikan ketersediaan stok terlebih dahulu dengan kami ya, kak. Untuk cek stok langsung bisa di marketplace / website kami (www.tokopedia.com/brownbabybear atau www.brownbabybear.com). Di deskripsi sudah tertera size / varian berapa saja yang ready.  Untuk memastikan lagi bisa langsung chat kami di Tokopedia / Whatsapp.

Tips: Untuk chat whatsapp jam operasional Senin-Jumat 09:00-17:00, untuk respon cepat bisa langsung di Tokopedia, karena kita on terus di situ.

7.       Cek ongkos kirim

Perlu kakak ketahui warehouse kami berada di Bogor, Jawa Barat. Kakak bisa langsung cek ongkos kirim di website jne atau website pengecekan ongkos kirim lainnya. Pastikan kakak menambahkan ongkos kirim untuk setiap transkasi penjualan dengan pembeli.

Tips: Mintalah alamat pembeli yang jelas, untuk cek ongkir yang akurat masukan nama kecamatan dari alamat yang diberikan. Untuk saat ini kami hanya menggunakan ekspedisi JNE REG , YES dan OKE

 

8.       Manfaatkan fitur Dropshipper di Tokopedia

Untuk mempermudah, kakak yang memiliki akun Tokopedia bisa memanfaatkan fitur Dropship di Tokopedia. Kakak bisa langsung melakukan pembelian produk kami lalu memasukan alamat baru (alamat pembeli yang dituju) kemudian centang kotak kecil Dropship pada waktu checkout. Isi nama pengirim dan nomor telepon (nama toko online dan hp kakak) di kolom yang tersedia.

 

9.       Alur Transaksi

Ketika pembeli sudah melakukan transfer kepada kakak, selanjutnya silahkan transfer ke kami. Setelah transfer masuk ke kami maka order akan diproses untuk pengiriman.

Untuk pembelian di Tokopedia agar mencentang kotak dropship pada waktu check out dan untuk pembelian di luar Tokopedia, silahkan informasikan kepada kami bahwa order adalah dropship (sediakan nama pengirim / online shop kakak).

 

10.   Pengiriman Paket

Paket dibungkus dengan plastik / kertas kado tanpa sablon nama toko kami, pengirim ditulis dari nama online shop kakak. Jadwal pengiriman kami untuk saat ini adalah Senin-Jumat jam 1 siang. Maka order yang masuk dan ditransfer sebelum jam 1 siang dikirim di hari yang sama. Untuk weekend jadlwal pengiriman tentative / tidak tentu. Minggu dan Tanggal merah kami tutup.

 

Waktunya Berjualan

Terima kasih kaka sudah meluangkan waktu untuk membaca dan memahami panduan praktis menjadi Dropshipper kami. Kami berharap panduan ini bisa bermanfaat untuk kakak sekalian. Untuk hal hal yang belum jelas bisa langsung chat kami Whatsapp.

Happy Selling!